Inggit Garnasih Buat Wajah Petinggi Belanda Merah

redaksi

redaksi

  • Selasa, 21 Februari 2023 -
  • 1:03 am

Halo Sabahat Blessingss…

Nama Inggit Garnasih sedang diusulkan Pemprov Jawa Barat supaya bisa mendapat gelar pahlawan nasional tahun ini. Sosok yang disebut sebagai Ibu Bangsa Sejati ini pun sudah dianggap layak mendapatkan gelar pahlawan karena kesetiaannya dalam mendampingi Bung Karno di masa-masa revolusi. Inggit sendiri begitu loyal membantu Bung Karno dalam zaman pergerakan nasional. Tak hanya menjadi sosok istri yang setia tatkala Sang Fajar diasingkan Belanda mulai dari Ende hingga ke Bengkulu. Inggit juga lah yang mendanai segala kebutuhan Bung Karno muda sampai rela berjualan bedak, jamu hingga alat kecantikan lainnya.

Tidak hanya setia dan loyal, Inggit termasuk sosok yang garang saat berhadapan dengan kolonial. Ia takkan bersedia menunjukkan sikap kooperatif terhadap Belanda, yang saat itu berulang kali merayu Inggit supaya mau membocorkan aktivitas Bung Karno dalam pergerakan nasional. Deni Rachman dalam bukunya berjudul Kisah-kisah Istimewa Inggit Garnasih cetakan Menara Api Bandung 2020, menuliskan cerita jika Inggit pernah membuat muka seorang petinggi kolonial Belanda menjadi merah. Korban Inggit itu adalah Van der Plas, seorang pejabat Hindia Belanda yang bertugas di Kantor Penasihat Masalah-masalah Bumiputera.

Deni menulis, hanya dengan sajian sambal goang, nasi borontok serta lauk beuleum oncom dan peda siem yang menjadi sambal khas masakan orang Sunda, Inggit saat itu berhasil membuatnya kapok untuk tidak lagi datang memata-matai aktivitas suaminya, Bung Karno. Sebab saat itu, Van der Plas berulang kali membujuk Inggit yang memang menginginkan informasi aktivitas politik dari Bung Karno.

Untuk Selengkapnya Kunjungi Artikel Aslinya Disini Ya

BERITA TERBARU