Mengenal Pencipta Lagu Manuk Dadali

redaksi

redaksi

  • Kamis, 23 Februari 2023 -
  • 12:35 am

Hallo Sahabat Blessings…

Lagu Manuk Dadali menjadi salah satu lagu daerah asal Jawa Barat yang terpopuler. Lagu Manuk Dadali diciptakan oleh seorang penyiar terkenal, Sambas Mangundikarta.
Mengudara pertama kali pada 1962, lagu Manuk Dadali langsung mencapai puncak popularitas dengan berada di jajaran atas tangga musik di Radio Republik Indonesia (RRI) yang kala itu menjadi stasiun radio utama di tatar Pasundan. Popularitas lagu Manuk Dadali tidak lepas dari hebatnya sosok pencipta lagu tersebut. Sambas Mangundikarta dikenal sebagai seorang yang berdedikasi dalam dunia penyiaran Tanah Air. Beliau juga mendapatkan penghargaan lifetime dari KPI atas dedikasinya tersebut.

Profil Sambas Mangundikarta
Dilansir dari situs KPI, Sambas Mangundikarta lahir di Bandung, 21 September 1926. Sambas Mangundikarta memulai karier sebagai penyiar radio RRI sejak 1952. Bahkan sebelumnya, Sambas juga sudah bertugas di Radio Perjuangan Jawa Barat pada 1946 hingga 1469 saat masih menjadi anak buah Jendral Dr. Moestopo.

Sambas Mangundikarta juga merupakan salah satu pejuang kemerdekaan. Saat itu dia terpaksa pindah dari Bandung ke Madiun, Blitar, Jawa Timur, karena kondisi perang pascakemerdekaan. Setelah kondisi perang mereda, ia pergi ke Jakarta dan membantu rekannya di RRI Studio.

Suaranya yang berat dan khas mampu menghipnotis para pendengar dari seluruh penjuru Indonesia. Meskipun memulai karier di bidang musik, Sambas Mangundikarta menaruh ketertarikan khusus pada bidang olahraga. Tidak hanya menjadi penyiar radio, Sambas juga merambah menjadi pewarta sepak bola hingga bulu tangkis. Pembawaannya yang santai dan detail menjadi ciri khas tersendiri.

Untuk Selengkapnya, Kunjungi Artikel Aslinya Disini Ya

BERITA TERBARU