Berikut Beberapa Daftar Minuman yang Mengandung Kafein Selain Kopi

redaksi

redaksi

  • Jumat, 24 Februari 2023 -
  • 2:32 am

Hallo Sahabat Blessings…

Ada banyak alternatif minuman yang mengandung kafein selain kopi. Alternatif ini cukup membantu untuk mereka yang tidak suka kopi namun membutuhkan kafein.
Kafein adalah salah satu zat yang paling banyak dikonsumsi di dunia karena memiliki efek stimulan pada sistem saraf pusat. Banyak orang yang mengonsumsi kafein untuk meningkatkan fokus, daya tahan, dan menghilangkan rasa kantuk. Simak berikut ini ada sepuluh minuman mengandung kafein yang dapat Anda coba untuk memperoleh manfaat kafein tanpa harus minum kopi.

Daftar Minuman yang Mengandung Kafein
Pada laman School of Public Health Harvard University dijelaskan bahwa kafein secara alami terdapat pada buah, daun, dan biji tanaman kopi, juga pada olahan coklat (kakao). Kafein juga kerap ditemukan pada beberapa minuman dan suplemen. Sade Meeks, Ahli Nutrisi di Tennessee telah memverifikasi artikel Healthline yang menjelaskan bahwa ada sepuluh minuman selain kopi yang mengandung kafein. Berikut daftarnya:

1. Teh Hitam
Secangkir teh hitam mengandung sekitar 47 mg kafein. Teh hitam dengan kafein yang tidak terlalu tinggi ini bisa jadi alternatif. Namun, tak semua teh mengandung kafein, contohnya teh herbal.

2. Soda
Sekaleng 12 ons minuman bersoda baik yang biasa ataupun yang diet tanpa gula mengandung sekitar 40 mg kafein.

3. Coklat Panas
Satu ons cokelat hitam mengandung sekitar 24 mg kafein, sedangkan coklat susu mengandung seperempat dari jumlah tersebut. Sama seperti biji kopi, biji kakao secara alami mengandung kafein.

Berikut tentang berapa banyak kafein yang akan Anda temukan dalam 3,5 ons (100 gram) berbagai jenis coklat:

Coklat kakao 100%: 240 mg kafein (setara dengan 2,5 cangkir kopi biasa)
Coklat pahit (55% kakao): 124 mg kafein
Coklat susu (33% kakao): 45 mg kafein (setara kafein dalam secangkir teh hitam)
Kakao juga mengandung senyawa seperti flavonol dan methylxanthines. Senyawa-senyawa ini, termasuk kafein, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan dapat memberikan manfaat kesehatan.

4. Minuman Berenergi
Secangkir atau delapan ons minuman energi mengandung sekitar 85 mg kafein.

Minuman berenergi adalah minuman berkarbonasi dan manis yang dipasarkan karena kemampuannya untuk meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan konsentrasi.

Beberapa merek minuman berenergi memiliki kadar kafein yang berbeda-beda. Satu studi menunjukkan bahwa kandungan kafein sebuah minuman energi terkenal mengandung kafein sekitar 50-505 mg (200 mL).

5. Suplemen
Beberapa suplemen mengandung kafein sekitar 200 mg per tablet atau setara dengan jumlah dalam dua cangkir kopi seduh.

Untuk Selengkapnya Silahkan Kunjungi Artikel Aslinya Disini Ya

BERITA TERBARU