Sejarah dan Tujuan Memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara

redaksi

redaksi

  • Selasa, 28 Februari 2023 -
  • 5:53 am

Hallo Sahabat Blessings…..

Sejarah Hari Penegakan Kedaulatan Negara
Dikutip dari Naskah Akademik Serangan Umum 1 Maret 1949 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, serangan umum 1 Maret 1949 menjadi titik awal peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Pada tanggal tersebut Sri Sultan Hamengku Buwono IX menggagas sebuah serangan yang diperintahkan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman serta disetujui oleh Presiden Soekarno dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar perjuangan rakyat, dan segenap komponen rakyat Indonesia bahu-membahu merebut kembali Ibu Kota negara yang sempat dikuasi oleh bangsa penjajah. Hingga akhirnya keberhasilan ini meyakinkan dunia untuk mendukung perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Tujuan Hari Penegakan Kedaulatan Negara
Dalam Keppres No. 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara disebutkan bahwa tujuan ditetapkannya Hari Penegakan Kedaulatan Negara adalah menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional.

Untuk Selengkapnya Silahkan Kunjungi Artikel Aslinya Disini Ya

BERITA TERBARU