Berikut Pengertian, Tujuan, Anggota, Beserta Sejarah Pembentukan NATO

redaksi

redaksi

  • Jumat, 31 Maret 2023 -
  • 2:45 am

Hallo sahabat blessings….

North Atlantic Treaty Organization atau dikenal dengan istilah NATO merupakan aliansi politik dan militer internasional pada bidang keamanan. Organisasi ini beranggotakan beberapa negara. Lantas apa saja negara tersebut? Apa tujuannya dibuatnya organisasi NATO ini? dan bagaimana sejarah terbentuknya NATO? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Apa Itu NATO?
Dilansir dari Modul Pembelajaran SMA Sejarah Kelas XII Kemendikbud, NATO (North Atlantic Treaty Organization) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ini berarti Pakta Pertahanan Atlantik Utara ini adalah organisasi untuk keamanan bersama yang didirikan berdasarkan tanda tangan Persetujuan Atlantik Utara di Washington DC pada 4 April 1949.

Lalu apa tujuannya didirikan NATO? Organisasi yang beranggotakan 30 negara dari Amerika Utara dan Eropa ini adalah para anggota setuju bahwa sebuah serangan bersenjata terhadap salah satu atau lebih dari mereka di Eropa maupun di Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota.

Selanjutnya mereka setuju bahwa, jika serangan bersenjata seperti itu terjadi, setiap anggota, dalam menggunakan hak untuk mempertahankan diri secara pribadi maupun bersama-sama seperti yang tertuang dalam Pasal ke-51 dari Piagam PBB, akan membantu anggota yang diserang jika penggunaan kekuatan semacam itu, baik sendiri maupun bersama-sama, dirasakan perlu, termasuk penggunaan pasukan bersenjata, untuk mengembalikan dan menjaga keamanan wilayah Atlantik Utara.

Siapa Saja Anggota NATO?
NATO beranggotakan 30 negara dari Amerika Utara dan Eropa. Berdasarkan perjanjiannya, jika terdapat serangan terhadap sekutu negara anggota NATO maka dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota NATO. Yuk simak negara apa saja yang tergabung dalam NATO dilansir dari arsip DetikNews!

– Amerika Serikat (1949)
– Inggris (1949)
– Perancis (1949)
– Belgia (1949)
– Belanda (1949)
– Luksemburg (1949)
– Kanada (1949)
– Italia (1949)
– Portugal (1949)
– Islandia (1949)

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artilkel aslinya Disini yaa…

BERITA TERBARU