Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa Menurut Dokter

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 1 April 2023 -
  • 12:11 am

Hallo sahabat blessings…

Saat berpuasa, seseorang akan menahan lapar dan haus selama belasan jam. Salah satu keluhan yang kerap muncul yakni berkenaan dengan asam lambung naik. Lantas sebenarnya, bagaimana sih cara mengatasi keluhan asam lambung naik?
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung naik saat berpuasa. Mulai dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, tidur setelah sahur, atau kebiasaan-kebiasaan lain yang memicu asam lambung naik. Tentunya, kebiasaan ini harus dihindari oleh orang yang mengidap asam lambung.

“Puasa itu penting ya buat kita, umat muslim ya terutama. Bagi penderita asam lambung, puasa itu menyembuhkan. Jadi saya punya beberapa pasien justru dengan berpuasa, itu penyakit asam lambungnya sembuh ya. Tapi kadang-kadang kambuh lagi setelah lebaran,” kata dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari Rumah Sakit Brawijaya Depok saat ditemui detikcom, Selasa (21/3/2023)

Sebalknya, beberapa orang justru mengatakan asam lambungnya sembuh karena puasa. Pasalnya dengan berpuasa, terdapat perubahan pola makan dan gaya hidup. Walhasil, seseorang dapat makan secara teratur dan menghindari keinginan memakan cemilan yang tidak sehat.

Menurut dr Aru, orang yang mengidap asam lambung dapat mengikuti puasa. Namun, harus melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini berguna untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat menjalani puasa, bagaimana minum obat dengan baik dan benar, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Menurut dr Aru, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik:

Mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur
Tidak mengkonsumsi makanan berlemak
Tidak mengkonsumsi makanan bersantan
Jangan terburu-buru saat makan
Makan dengan porsi kecil
Tidak berbaring setelah makan

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya….

BERITA TERBARU