Rekomendasi Beberapa Makanan Khas Jawa Barat Yang Wajib di Coba

redaksi

redaksi

  • Rabu, 24 Mei 2023 -
  • 12:48 am

 

Hallo sahabat blessings

Makanan khas Jawa Barat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Ada banyak makanan khas Jawa Barat yang sudah terkenal dan digemari banyak kalangan di Indonesia. Jika berkunjung ke wilayah Jawa Barat, baiknya jangan sampai melewatkan wisata kuliner dan pastikan untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat.

Tidak lupa juga untuk membawa pulang makanan khas Jawa Barat sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Dikutip dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, berikut beberapa makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba.

1. Tahu Sumedang
Tahu Sumedang sebenarnya memiliki bahan dasar dan bentuk yang sama dengan tahu pada umumnya. Namun, tahu Sumedang memiliki rasa yang asin dan lebih gurih. Tahu Sumedang juga diberi isian dan digoreng kering hingga renyah saat digigit. Tahu Sumedang biasa dinikmati saat masih hangat dengan potongan cabai rawit. Tahu Sumedang dapat dengan mudah ditemui disekitaran jalan dan tempat-tempat wisata.

2. Nasi Timbel
Nasi Timbel adalah nasi yang dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang. Nasi timbel biasa disajikan dengan sayur dan lauk pauk lainnya. Biasanya nasi timbel disandingkan dengan seekor ikan goreng ditambah tahu dan tempe sebagai pelengkap. Tak hanya itu, nasi timbel juga bisa dinikmati dengan ayam bakar, ayam goreng, hingga ikan asin. Nasi timbel sangat tepat disantap saat masih hangat.

3. Lotek
Secara visual, lotek memang terlihat seperti pecel. Namun sebenarnya lotek memiliki bahan dasar yang berbeda dengan pecel. Lotek biasanya menggunakan labu siam, kangkung, nangka muda, tempe, tahu, kacang panjang, dan tauge. Lotek kemudian disiram dengan bumbu kacang yang memiliki rasa lebih manis daripada bumbu kacang pada pecel.

4. Kue Bandros
Kue bandros terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan juga parutan kelapa. Kue bandros memiliki tekstur garing di luar dan lembut ditengah. Aroma kelapa juga keluar dari kue ini saat dimakan dalam kondisi hangat. Kue Bandros digoreng dengan cetakan khusus berbentuk setengah lingkaran yang mirip dengan cetakan kue pukis. Berbeda dengan pukis, kue bandros memiliki rasa asin dan gurih.

5. Peuyeum
Peuyeum merupakan makanan khas Jawa Barat yang sejenis dengan tape dan terbuat dari bahan baku singkong. Tetapi Peuyeum cenderung lebih kering dibandingkan tape yang mengandung banya air. Peuyeum bisa digoreng dan disajikan dengan topping keju atau coklat. Peuyeum memiliki rasa yang manis dan empuk saat digigit.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU