Fakta-fakta Unik Soekarno Sang Bapak Bangsa

redaksi

redaksi

  • Selasa, 6 Juni 2023 -
  • 12:55 am

 

Hallo sahabat blessings

Siapa yang tidak tahu Soekarno? Ir Soekarno merupakan presiden Republik Indonesia pertama. Ia juga dikenal dengan sebutan bapak proklamator karena dia lah yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya itu, Soekarno memiliki andil yang besar dalam politik dalam maupun luar negri.
Kecerdasan, kepiawaian, dan karisma yang dimiliki Soekarno menjadikannya salah satu tokoh yang inspiratif.

Berikut Fakta Unik Tentang Soekarno

1. Soekarno Bukan Nama Asli
Soekarno lahir di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901. Beliau merupakan anak dari Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Saat lahir Soekarno diberi nama Kusno Sosrodiharjo, namun ia sakit-sakitan. Sehingga orang tuanya memutuskan untuk mengganti nama menjadi Soekarno.

2. Orator Ulung
Soekarno juga terkenal akan kemampuan orasinya yang cakap. Setiap kata-kata yang diucapkannya mampu membakar semangat para pendengar. Selain melakukan orasi kemerdekaan, Soekarno juga pernah diundang untuk berpidato di sidang PBB pada tahun 1960. Ia menyampaikan pidato sepanjang 2 jam lamanya.

3. Disegani oleh Dunia
Karisma yang dimiliki Soekarno tidak hanya membuatnya disegani di Indonesia saja, melainkan beberapa negara di dunia juga. Nama Soekarno kerap kali dijadikan nama jalan di beberapa negara seperti Arab, Mesir, Pakistan, Maroko, dan Turki.

4. Memiliki Banyak Istri
Tampaknya banyak yang terpincut akan kecakapan seorang Soekarno. Soekarno juga terkenal akan jumlah istrinya. Bukan hanya orang Indonesia yang jatuh hati pada sosok Soekarno, gadis jepang pun turut mengaguminya. Ada 9 istri yang dikisahkan dalam berbagai buku perjalanan Soekarno, yaitu Oetari, Inggit Ganarsih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger dan Heldy Djafar.

5. Lulusan Teknik Sipil ITB
Soekarno berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Europeesche Lagere School (ELS) pada Juni 1911 setelah sebelumnya pindah dari Indlandse School. Pada tahun 1915 ia lulus dan melanjutkan pendidikannya ke HBS (Hogere Burger School) di Surabaya. Ia diterima di HBS berkat Hos Tjokroaminoto yang merupakan teman ayahnya. Setelah lulus dari HBS, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) mengambil jurusan teknik sipil. Hingga akhirnya ia lulus pada tahun 1926.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU