Fakta-fakta Selilitan, Problem Semua Orang Tiap Habis Makan Daging Kurban

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 1 Juli 2023 -
  • 1:06 am

 

Hallo sahabat blessings

Menyantap hidangan daging di Hari Raya Idul Adha sudah menjadi tradisi yang dilakukan banyak orang di Indonesia. Tak jarang, orang-orang suka bablas dan makan terlalu banyak daging hingga akhirnya jatuh sakit.
Bicara soal penyakit akibat konsumsi daging, mungkin kolesterol dan hipertensi jadi yang paling sering terlintas di pikiran. Tapi apa kamu kalau selilitan, atau daging yang nyangkut di sela-sela gigi, juga bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan jika dibiarkan? Seberapa parah sih efek yang bisa ditimbulkan?

Berikut fakta-fakta tentang selilitan yang perlu diketahui.

1. Apa Itu Selilitan?
Selilitan adalah istilah awam yang merujuk pada kondisi di mana serat daging, atau sisa makanan lainnya, tersangkut di sela-sela gigi. Dalam dunia kedokteran, selilitan dikenal dengan istilah yang lebih keren lagi, yakni food impaction atau impaksi makanan.

2. Penyebab Selilitan
Selilitan umumnya disebabkan oleh struktur antar gigi yang buruk dan tidak rapat. Menurut drg Silvia Desiree, SpKGA, struktur gigi yang buruk itu dapat dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari susunan gigi yang menumpuk hingga tambalan yang tidak rapi.

“Gigi yang berjejer, bertumpuk-tumpuk gitu udah pasti lebih mudah selilitan daripada yang rapi. Terus kayak tambalan yang nggak rapi, celah gigi, membuat kontaknya (gigi) bukan kontak titik, tapi kontak bidang. Seperti itu jadi akan lebih gampang selilitan,” ujarnya saat dikonfirmasi detikcom,

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU