Trik Jalan kaki supaya efeknya bisa maksimal

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 23 September 2023 -
  • 1:01 am

 

Hallo sahabat blessings

Penyakit jantung dikenal sebagai ‘silent killer’ yang bisa datang pada siapa saja tanpa memandang usia. Walhasil, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung baik untuk usia belia maupun hingga nanti ketika sudah berusia lanjut.

Sudah menjadi pengetahuan bersama, jurus untuk memiliki jantung adalah gaya hidup sehat. Di antaranya, dengan menjalani olaharaga. Sebenarnya tak perlu repot-repot, olahraga ‘sesimpel’ jalan kaki pun sudah bisa membawa amat banyak manfaat baik untuk kesehatan jantung.

Spesialis kedokteran olahraga dr Sophia Hage, SpKO mengatakan jalan kaki bisa menjadi salah satu jenis aktivitas fisik yang menyehatkan jantung. Terlebih apabila jalan kaki tersebut dilakukan dengan intensitas yang tepat. Misalnya dengan meningkatkan kecepatan jalan kaki.

“Jalan kaki yang dilakukan untuk olahraga ini manfaatnya bisa untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru, meningkatkan kekuatan otot, hingga meningkatkan sirkulasi darah. Jadi otot lebih kuat dan jantung pun lebih sehat,” ucap dr Sophia

Tidak hanya itu saja, dr Sophia mengatakan bahwa olahraga jalan kaki ini juga sangat baik untuk membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan. Pasalnya, olahraga jalan kaki bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif aktivitas untuk membakar kalori.

Lebih lanjut soal olahraga jalan kaki, dr Sophia menjelaskan, diperlukan intensitas yang lebih tinggi untuk memaksimalkan manfaat jalan kaki. Sebab menurutnya, jalan kaki yang ‘terlalu santai’ menurutnya tidak akan memberi dampak yang signifikan pada tubuh.

Namun, ia menekankan bahwa setiap orang juga perlu mengetahui batasan kemampuan masing-masing ketika meningkatkan intensitas olahraga jalan kaki.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU