Rahasia untuk Perlambat Penuaan, Bisa Bikin Panjang Umu

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 25 November 2023 -
  • 1:31 am

 

Hallo sahabat blessings

Setiap orang akan mengalami penuaan di kehidupannya. Namun, dengan menggabungkan gaya hidup sehat dan perawatan diri, seseorang dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran mereka. Walhasil, jiwa dan raganya akan relatif lebih muda dibandingkan dengan usia biologisnya.
Meskipun proses alamiah penuaan tidak dapat dicegah, terdapat langkah-langkah sederhana yang terbukti dapat memperlambatnya, lho! Dikutip dari The Healthy, berikut adalah 7 rahasia simpel untuk memperlambat penuaan dan hidup lebih lama.

1. Peduli terhadap orang lain dan optimis
Dua studi terbaru menunjukkan ada rahasia yang mengharukan untuk hidup lebih lama, yakni dengan bersikap peduli terhadap orang lain.

Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan merawat orang yang dicintainya. Terlepas dari stres yang dialami sehari-hari, pria dan wanita yang meluangkan waktu untuk merawat pasangannya dapat mengurangi risiko kematian sebesar 36 persen selama tujuh tahun, demikian temuan para peneliti di University of Michigan di Ann Arbor.

Kunci lainnya adalah sikap optimistis. Dari 100.000 wanita dalam studi Women’s Health Initiative, mereka yang dinilai optimistis oleh kuesioner khusus memiliki kemungkinan 14 persen lebih kecil untuk meninggal dunia dibandingkan mereka yang pesimis selama delapan tahun pertama penelitian.

2. Memiliki tujuan hidup
Seseorang yang memiliki tujuan, sesederhana memiliki rencana perjalanan yang ingin dilakukan dan buku-buku yang ingin dibaca, memiliki keunggulan untuk bertahan hidup dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki tujuan.

Adapun temuan ini dilakukan oleh para peneliti di Rush University Medical Center di Chicago dengan mewawancarai lebih dari 1.200 orang dewasa yang lebih tua. Dalam jangka waktu lima tahun, lansia yang memiliki niat dan tujuan yang pasti memiliki kemungkinan setengah lebih kecil untuk meninggal dibandingkan lansia yang tidak memiliki tujuan.

3. Cukup terpapar sinar matahari
Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan osteoporosis, diabetes, hipertensi, dan kanker. Bahkan, menurut penelitian baru, orang dewasa yang tidak mendapatkan cukup ‘vitamin sinar matahari’ memiliki kemungkinan 26 persen lebih besar untuk meninggal lebih awal.

Selain minum susu terfortifikasi, ahli juga menyarankan untuk mendapatkan sinar matahari tengah hari (pukul 11.00-15.00) selama 10 hingga 15 menit beberapa hari dalam seminggu, dan oleskan tabir surya setelah beberapa menit tersebut.

Itulah beberapa Rahasia untuk Perlambat Penuaan

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU