Rekomendasi Dongeng Sunda Terkenal yang Bisa Diceritakan Pada Anak

redaksi

redaksi

  • Selasa, 28 November 2023 -
  • 1:00 am

 

Hallo sahabat blessings

Memilihkan cerita yang bisa dibagikan kepada anak-anak memang tricky, karena memori mereka akan mengingat setiap informasi yang diberikan.

Perlu  diketahui kalau dongeng Sunda memiliki peranan penting sebagai cerminan nilai-nilai tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap ceritanya memiliki unsur kearifan lokal yang beragam yang bisa dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi.

Berikut Rekomendasi Dongeng Sunda Terkenal.

1. Entog Emas
Dalam dongeng Entog Emas dikisahkan jika ada seorang petani miskin yang hidup bersama seekor angsa. Ia kemudian berdoa kepada Tuhan, “Duh, Tuhan, kalau saya kaya, mungkin bisa makan apa saja bisa yang saya inginkan.”

Keesokan harinya, doa petani itu dikabulkan oleh Tuhan. Tak disangka angsa miliknya malah mengeluarkan telur emas. Selanjutnya, setiap hari angsa itu selalu bertelur emas, alhasil membuat sang petani jadi kaya raya.

Namun, pada suatu hari, sang petani merasa lelah jika harus mengambil telur setiap hari. Ia kemudian menyiapkan ember untuk membelah si angsa supaya emasnya bisa langsung keluar semua, agar dirinya tidak perlu capek.

Tapi, ternyata ketika angsanya sudah dibelah justru emas tersebut tidak tampak sedikit pun. Malahan petani tersebut menjadi miskin kembali. Nah, pelajaran yang bisa diambil dan disampaikan ke anak adalah agar kita tidak terlena dengan kekayaan yang didapatkan secara instan. Seseorang harus bekerja agar hidupnya berubah, bukan dengan cara singkat dan kemudian jadi serakah.

2. Gagak Nu Hayang Kapuji
Gagak Nu Hayang Kapuji merupakan dongeng Sunda terkenal yang menceritakan tentang seekor burung gagak yang menyukai pujian. Pada suatu hari, gagal itu mencuri dendeng dari tempat penjemuran dan berpapasan dengan seekor anjing ketika dia terbang.

Anjing tersebut rupanya ingin merebut dendeng yang dicuri gagak. Dia mengatur strategi dengan mengeluarkan pujian untuk burung itu. Gagak yang memang diketahui menyukai pujian, tanpa tersadar akhirnya mengeluarkan bunyi “gaak, gaak” hingga akhirnya makanan yang ada di mulutnya pun terjatuh.

Nah, di momen itu lah sang anjing langsung mengambil alih dendeng yang sebelumnya dicuri dan membawanya dengan cepat. Alhasil gagak tersebut menyesali perbuatan yang dilakukan sebelumnya.

Pelajaran yang bisa diambil adalah ketika kita mengambil sesuatu yang bukan hak kita, pasti tidak akan berjalan lancar.

Itulah beberapa Rekomendasi Dongeng Sunda Terkenal yang Bisa Diceritakan Pada Anak

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU