5 Alasan Tahun Baru Jadi Waktu yang Pas Buat Cari Kerja dan Tips Mencarinya

redaksi

redaksi

  • Senin, 8 Januari 2024 -
  • 6:59 am

Hallo sahabat blessings

Tahukah kamu, tahun baru adalah salah satu waktu terbaik untuk cari kerja. Kira-kira, mengapa bisa begitu?

Ternyata, ada beberapa alasan di balik fakta tersebut. Glints punya penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Selain itu, ada juga tips berburu lowongan di momentum pergantian tahun. Coba ikuti agar proses pemburuan lowonganmu semakin lancar.

Tak perlu lama-lama lagi, yuk, simak selengkapnya!

Mengapa Harus Coba Cari Kerja saat Tahun Baru?

1. Banyaknya orang yang resign di akhir tahun

Akhir tahun sering jadi momentum resign bagi banyak pekerja. Otomatis, perusahaan harus mencari pengganti pekerja tersebut.

Akhirnya, lowongan kerja banyak terbuka. Kamu jadi punya banyak pilihan perusahaan dan posisi. Jadi, yuk, cari lowongan saat pergantian tahun tiba!

 

 

2. Bulan terbaik cari kerja

Januari dan Februari sering kali dianggap salah satu waktu terbaik untuk melamar ke berbagai perusahaan. Kira-kira, mengapa bisa begitu, ya?

Melansir TopResume, perusahaan memperbarui budget dan sales forecast mereka di bulan tersebut. Nah, bugdet tersebut berhubungan dengan evaluasi kebutuhan pekerja di perusahaan.

Kalau mereka membutuhkan tenaga baru, lowongan kerja pun dibuka. Itulah mengapa, kamu harus coba cari kerja di tahun baru.

 

 

3. Kompetisi lebih longgar

Menurut The Balance Careers, banyak orang yang pergi berlibur atau sekadar banyak bersantai di akhir sampai awal tahun. Pencari kerja pun tak memprioritaskan pemburuan lowongan.

Otomatis, sainganmu jadi lebih sedikit. Kalau kamu menunda liburan dan mendahulukan cari kerja, peluangmu diterima jadi lebih besar.

Jadi, jangan sampai ketinggalan momen ini, ya. Coba manfaatkan tahun baru sebagai waktu berburu lowongan kerja.

4. Resolusi baru

Tak hanya individu, perusahaan juga pasti memiliki resolusi di tahun baru untuk mengembangkan bisnisnya, termasuk dalam hal memaksimalkan sumber daya manusia.

Selain berkaitan dengan budget, tahun baru juga memberi momentum tepat bagi sebuah tim untuk menerima anggota baru.

Memang tidak ada momentum baik maupun buruk untuk menyambut anggota baru, namun semangat di tahun baru ini mampu mengakselerasi proses adaptasi.

 

 

5. Backlog hiring

Mendekati akhir tahun, biasanya perusahaan akan melakukan penundaan pada proses perekrutan karyawan baru hingga tahun berikutnya.

Inilah yang menyebabkan adanya backlog hiring.

Nah, di awal tahun, backlog ini satu per satu akan dilaksanakan karena sudah tidak perlu ditunda lagi mengingat budget hiring yang sudah siap.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU