Jangan Santap 7 Makanan Ini Bersamaan dengan Pisang

redaksi

redaksi

  • Kamis, 1 Februari 2024 -
  • 2:16 am

Hallo sahabat blessings

Jakarta, CNN Indonesia — Jangan asal sembarang kombinasikan pisang dengan makanan lain. Soalnya, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan pisang.
Pisang boleh jadi buah favorit banyak orang. Diet juga kerap jadi pilihan buah yang bikin kenyang saat diet karena kandungan karbohidratnya.
Selain karbohidrat, pisang juga mengandung serat, protein, magnesium, fosfor, potasium, serta masih banyak lagi vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan pisang. Berikut daftarnya, merangkum berbagai sumber.

1. Susu
Milkshake pisang boleh jadi minuman favorit banyak orang. Minuman ini dibuat dari perpaduan pisang dan susu.

Tapi, siapa sangka jika mengombinasikan pisang dan susu sebenarnya tak disarankan?

Mengutip Healthline, pisang dan susu sama-sama mengandung kalori dalam jumlah medium. Satu pisang berukuran sedang, misalnya, mengandung 105 kalori. Sekitar 250 mililiter susu murni umumnya mengandung 150 kalori.

Jika dikombinasikan, konsumsi keduanya bersamaan berpotensi memicu peningkatan berat badan.

2. Daging merah
Ilustrasi. Daging merah, salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pisang. (iStockphoto/kazuma seki)
Anda juga disarankan menghindari konsumsi pisang dan daging merah secara bersamaan atau berdekatan.

Mengutip Food NDTV, pisang mengandung purin yang membuatnya mudah dicerna. Sementara kandungan protein yang tinggi pada daging merah dapat memperlambat proses pencernaan.

Para ahli kesehatan percaya, konsumsi kedua makanan ini secara bersamaan atau berdekatan bisa memicu fermentasi dan gas di saluran pencernaan.

3. Roti panggang
Banyak orang memadukan potongan pisang yang manis dan lembut dengan segepok roti panggang. Namun, kombinasi ini sebenarnya tak disarankan.

Roti sendiri mengandung karbohidrat olahan yang membuatnya lebih lama untuk dicerna. Sementara pisang pada dasarnya punya kemampuan melancarkan pencernaan.

Ketika kedua makanan ini dipadukan, maka risiko ketidakseimbangan pencernaan bisa meningkat.

Lihat Juga :

Catat, 9 Makanan Ini Mengandung Kalsium untuk Pertumbuhan Anak
4. Jeruk
Hindari mengombinasikan pisang dan buah manis lainnya dengan jeruk beserta jenis buah sitrus lainnya.

Mengutip Healthshots, konsumsi pisang dan jeruk secara bersamaan sering kali memicu masalah pencernaan seperti mual hingga sakit kepala.

5. Pisang hijau atau yang belum matang
Warna hijau biasanya menandakan pisang yang belum matang sempurna. Memadukannya dengan pisang kuning disebut bisa memicu rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Mengutip Times of India, penyebabnya adalah kandungan pati resisten pada pisang hijau yang lebih tinggi. Hal ini membuat pisang jadi lebih sulit dicerna hingga memicu kembung pada beberapa orang.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU