10 Makanan Pengganti Nasi yang Nggak Bikin Buncit, Mengenyangkan, Sehat

redaksi

redaksi

  • Jumat, 9 Februari 2024 -
  • 3:02 am

Hallo sahabat blessings

Jakarta – Nasi adalah makanan pokok kebanyakan orang Indonesia, yang tidak mungkin absen dari konsumsi sehari-hari. Nasi adalah sumber energi utama, yang memungkinkan tubuh selalu produktif.
Selain nasi, ternyata ada 10 pilihan lain yang menyediakan manfaat serupa. Pilihan ini bisa menjadi alternatif bagi yang bosan makan nasi, atau mencoba makanan lain.

10 Makanan Pengganti Nasi
Sebagai pengganti nasi tersedia berbagai jenis umbi-umbian, sayuran, dan biji-bijian. Berikut informasi kelengkapan gizi dan manfaatnya.

1. Quinoa
Quinoa adalah sejenis biji-bijian yang menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Biji ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Makanan ini juga berkhasiat untuk mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang bisa membantu menurunkan gula darah. Kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dari nasi.

2. Barley
Barley adalah biji-bijian yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Makanan pengganti nasi ini cocok untuk orang-orang yang ingin mengonsumsi makanan tinggi serat.

Barley mengandung antioksidan bernama lignan yang membantu melindungi dari kerusakan sel. Kandungan serat dan proteinnya jauh lebih tinggi dari nasi. Selain itu barley mengandung lebih dari 30 nutrisi misal fitosterol, beta-glukan, tokol, dan mineral yang bisa membantu memerangi penyakit asam urat serta kanker.

3. Sukun
Sukun mengandung tinggi karbohidrat dan protein serta rendah kalori. Mengutip buku Beberapa Tanaman Sumber Karbohidrat oleh Nisa Amalia, sukun mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Apabila dibuat dalam bentuk tepung, nilai gizinya sama dengan nasi.

4. Kubis
Kubis menjadi sayuran yang bisa digunakan sebagai alternatif nasi. Biasanya orang mengonsumsi kubis dengan cara di parut.

Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat serta kaya vitamin dan mineral. Kubis juga kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, vitamin C, dan vitamin E. Kandungannya membuat kubis dapat melindungi tubuh dari kolesterol tinggi, masalah hati, pankreatitis, dan penyakit jantung.

5. Kembang Kol
Selain kubis, kembang kol juga bisa menjadi makanan pengganti nasi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara memotongnya kecil-kecil hingga teksturnya menyerupai nasi. Kembang kol memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU