Durasi Puasa Paling Lama Dan Paling Singkat Ramadan 2023

redaksi

redaksi

  • Jumat, 24 Maret 2023 -
  • 12:06 am

Hallo sahabat blessings..

Setiap wilayah memiliki waktu puasa yang berbeda. Bahkan ada yang sangat lama, dan ada yang cenderung singkat.
Lantas, negara mana yang punya durasi waktu puasa terlama dan tersingkat?

Dikutip dari detikTravel, muslim yang tinggal di negara paling selatan dunia, seperti Chili atau Selandia Baru, akan berpuasa rata-rata selama 12 jam. Sementara Muslim yang tinggal di negara paling utara, seperti Islandia atau Greenland akan berpuasa selama 17 jam lebih.

Sedangkan bagi umat Muslim yang tinggal di belahan Bumi Utara, jumlah jam puasa akan sedikit lebih pendek tahun ini dan akan terus berkurang hingga tahun 2031, dimana Ramadan akan mencakup titik balik matahari musim dingin, hari terpendek dalam setahun. Setelah itu, jam puasa akan bertambah hingga titik balik matahari musim panas, hari terpanjang dalam setahun di belahan Bumi Utara. Bagi umat Islam yang tinggal di selatan khatulistiwa, hal sebaliknya akan terjadi.

Lalu, bagaimana dengan kota yang tidak terjadi gelap? Di kota-kota paling utara, seperti Longyearbyen di Norwegia, dimana matahari tidak terbenam dari 20 April hingga 22 Agustus, keputusan agama telah dikeluarkan untuk mengikuti pengaturan waktu di Mekkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat. Daerah mana yang puasanya terlama dan terpendek? Muslim di kota Reykjavík, Islandia, tahun ini akan memiliki rekor sebagai penduduk kota dengan jam puasa terlama. Mereka berpuasa selama 16 jam 50 menit sehari selama bulan suci. Hampir selama 17 jam. Selain itu, Nuuk (Islandia), Helsinki (Finlandia), Stockholm (Swedia) dan Glasgow (Skotlandia) juga memiliki durasi berpuasa hampir 17 jam.

Untuk selengkapnya kunjungi artikel aslinya Disini ya..

BERITA TERBARU