Berikut Beberapa Mitos Gerhana Matahari Yang Dipercaya Masyarakat

redaksi

redaksi

  • Kamis, 20 April 2023 -
  • 3:04 am

Hallo sahabat blessings…

Gerhana Matahari hibrida bakal terjadi pada 20 April 2023. Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan. Kondisi tersebut mengakibatkan cahaya Matahari tak seluruhnya sampai ke Bumi.
Mengutip detikNews, gerhana Matahari hibrida adalah jenis gerhana yang jarang terjadi. Observatorium Bosscha ITB menyebut gerhana hibrida adalah ketika gerhana dimulai sebagai gerhana cincin, lalu berubah jadi gerhana total, dan berakhir lagi sebagai gerhana cincin.

Pada sebuah gerhana matahari, ada saatnya jarak Bulan tertentu menghasilkan panjang bayangan umbra yang sampai di permukaan Bumi. Kendati begitu, bayangan ini tidak cukup panjang untuk sampai di bagian lain permukaan Bumi dan menyebabkan hanya memperoleh bayangan antumbra.

Nah, banyak mitos-mitos soal gerhana Matahari. Tak hanya di Indonesia, di belahan dunia manapun mitos soal gerhana selalu ada. Misal, orang hamil tak boleh keluar rumah saat gerhana, tanda adanya bencana, iblis yang datang dan lainnya.

Berikut kumpulan mitos soal gerhana Matahari yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Orang Hamil Dilarang Keluar Rumah
Mitos populer dan masih dipercaya di sejumlah kebudayaan adalah gerhana matahari bisa berbahaya bagi wanita hamil. Sehingga mereka diharuskan berada di dalam rumah selama gerhana berlangsung.

Jika wanita hamil keluar rumah saat gerhana maka saat lahir anaknya akan buta dan memiliki bibir sumbing.

2. Matahari Lagi Dicuri
Di banyak kebudayaan, ada cerita gerhana terjadi karena matahari dimakan atau dicuri. Misalnya saja pada mitologi kuno yang mengatakan matahari hilang karena dicuri atau dimakan oleh serigala.

Agar serigala ketakutan dan memuntahkan kembali matahari, orang-orang harus membuat suara berisik dengan memukul benda-benda yang ada di dalam rumah.

3. Makanan Terpapar Racun
Di beberapa daerah di India, beberapa orang menolak makan selama gerhana matahari. Mereka menjauhi makanan yang belum dimakan.

Hal ini dilakukan karena ada kepercayaan bahwa makanan yang dimasak saat gerhana matahari sudah terpapar racun dan kotor.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya….

BERITA TERBARU