Asal-usul dan Tema Hari Perawat Internasional 2023

redaksi

redaksi

  • Kamis, 11 Mei 2023 -
  • 1:31 am

Hallo sahabat blessing

Hari Perawat Internasional merupakan sebuah momentum penghormatan kepada semua perawat di seluruh dunia atas segala jasa dan pengorbanannya. Hari Perawat Internasional pertama kali diperkenalkan pada 1965 oleh International Council Nurses (ICN) dan diperingati setiap tanggal 12 Mei.
Lantas seperti apakah sejarah Hari Perawat Internasional dan tema peringatannya tahun ini?

Sejarah serta Asal-usul Hari Perawatan Internasional
Sebagai lembaga Internasional keperawatan, ICN telah menetapkan serta merayakan Hari Perawat Internasional sejak 1965. Mengutip dari situs resmi ICN, ICN menetapkan tanggal 12 Mei sebagai Hari Perawatan Internasional.

Dipilihnya tanggal tersebut dengan alasan sebagai tanggal kelahiran Florence Nightingale. Florence Nightingale adalah seorang perawat asal Inggris serta filsuf dasar keperawatan modern.

Semasa hidupnya, Florence banyak menghabiskan waktu untuk merawat para tentara di medang peperangan, salah satunya adalah Perang Krimea. Selain itu, Florence juga berjasa dalam peresmian sekolah perawatan bernama Nightingale School of Nusring, di Rumah Sakit St. Thomas, London yang dibuka pada 1860.

Dia juga berperan dalam membentuk langkah politisnya untuk memberikan pelayanan kepada seluruh perawat dengan menjadi pengawas perawat di Rumah Sakit King’s College di London.

Barulah pada 1953, seorang pejabat Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan AS bernama Dorothy Sutherland menghubungi Presiden Dwight D. Einsenhower untuk mengusulkan diadakannya ‘Hari Perawat’.

Dilansir dari nursingworld.org, meski tidak langsung ditanggapi namun akhirnya pada Januari 1974 diputuskan tanggal Hari Perawat Internasional sekaligus perayaan ulang tahun Florence Nightangale. Setiap tahunnya, International Council of Nurse akan menyiapkan sebuah Kit Hari Perawat Internasional yang berisi informasi publik serta edukasi yang bisa digunakan oleh perawat manapun.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya….

BERITA TERBARU