Suara Misterius di Atmosfer Bumi Bikin Ilmuwan Heran

redaksi

redaksi

  • Rabu, 17 Mei 2023 -
  • 12:52 am

 

Hallo sahabat blessings

Suara misterius ditemukan di lapisan kedua atmosfer bumi alias stratosfer. Suapa apakah itu?
Temuan suara misterius itu didapatkan para ilmuwan baru-baru ini. Akan tetapi, misterinya belum terpecahkan. Para ilmuwan belum bisa menjelaskan fenomena tersebut.

“(Di stratosfer) ada sinyal infrasonik misterius yang terjadi beberapa kali per jam pada beberapa penerbangan, tetapi sumbernya sama sekali tidak diketahui,” kata pemimpin penelitian, Daniel Bowman, dari Sandia National Laboratories, dikutip detikInet dari Iflscience

Biasanya mereka bisa mengetahui sumber suara yang berada di stratosfer. Para ilmuwan memberikan contoh, seperti peristiwa alam yang berhubungan dengan badai petir dan tabrakan antara gelombang laut.

Selain itu juga bisa terdeteksi aktivitas manusia, seperti turbin angin atau ledakan. Namun yang satu ini, mereka belum bisa memaparkannya.

Disampaikan, kalau para ilmuwan menggunakan microbarometers untuk memantau suara. Alat tersebut dipasang pada balon udara panas, yang terbang berkat tenaga surya pasif.

Instrumen tersebut dapat mengukur perubahan kecil di dalam tekanan. Nah sebelumnya alat ini dipakai untuk memantau gunung berapi.

Namun saat ini kecanggihannya sudah bisa diberdayakan untuk mendeteksi suara lebih rendah, dari yang dapat dirasakan telinga manusia. Kendati demikian, menariknya dari penelitian ini ialah suara misterius yang tertangkap hanya menggunakan pengaturan sederhana.

Balon yang dimaksud terbuat dari bahan yang dijual bebas, sehingga harganya cukup murah. Balon ini bisa mendarat di tempat yang sulit dijangkau, kecuali ada serangan tak terduga dalam upaya menjatuhkannya.

“Balon kami pada dasarnya adalah kantong plastik raksasa dengan sedikit debu arang di dalamnya untuk membuatnya gelap. Kami membuatnya menggunakan plastik pelukis dari toko perkakas, pita pengiriman, dan bubuk arang dari toko peralatan petasan,” kata Bowman.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU