Cara Membuang Jelantah dengan Baik, Warga Jabar Wajib Tau Nih!

redaksi

redaksi

  • Jumat, 2 Juni 2023 -
  • 12:41 am

 

Hallo sahabat blessings

Minyak goreng bekas pakai alias jelantah sebaiknya tak dibuang sembarangan. Sebab jika dibuang sembarangan bakal mencemari lingkungan.
Minyak goreng sendiri jadi salah satu bahan yang selalu ada di dapur. Namun sebagian orang masih tak tahu bagaimana cara membuang minyak goreng bekas pakai itu. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum membuang minyak goreng bekas. Hal ini sebaiknya dilakukan biar lingkungan tak semakin tercemar.

berikut ini tips membuang minyak jelantah bekas pakai:

1. Gunakan kembali
Minyak goreng tidak hanya bisa digunakan untuk satu atau dua kali saja. Jika penggunaannya hanya untuk menggoreng makanan dan warnanya belum berubah, minyak goreng masih dapat digunakan berulang.

Tetapi jika kondisi minyak sudah mulai berubah warna sebaiknya jangan bergegas membuangnya. Saring minyak terlebih dahulu, jika warnanya masih cukup jernih setelah terpisah dari kotorannya maka minyak masih layak digunakan.

2. Simpan dalam wadah
Setelah beberapa kali pakai dan terasa minyak goreng yang digunakan cukup kotor, sisihkan minyak dan tunggu hingga dingin. Siapkan wadah dengan tutup rapat untuk menyimpan minyak.

Masukkan minyak yang sudah dingin ke dalam wadah dan tutup hingga tak ada kebocoran. Buang pada tempat sampah bersamaan dengan wadahnya. Hindari membuang minyak dengan sembarangan walaupun sudah ditutup rapat.

3. Bekukan
Jika tak punya wadah untuk membuang minyak ada solusi lainnya. Minyak yang telah dipakai sebelumnya harus dibekukan hingga benar-benar padat.

Bisa dilakukan dengan cara menuangkannya dalam cangkir dan simpan selama beberapa jam pada freezer. Setelah minyak beku, gumpalannya boleh langsung dibuang ke dalam tempat sampah atau dibungkus dengan plastik tak terpakai.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU