Berikut Beberapa Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat Pakai Obat dan Kebiasaan Sehat

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 3 Juni 2023 -
  • 1:00 am

 

Hallo sahabat blessings

Penyakit asam lambung dalam bahasa medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Dilansir dari situs Mayo Clinic, penyakit ini terjadi ketika asam lambung berulang kali mengalir ke kerongkongan hingga dapat mengiritasi lapisan kerongkongan.
Refluks asam ini mungkin banyak dialami orang, tetapi ketika hal ini terjadi berulang kali akan menyebabkan GERD. Cara mengobati asam lambung dengan cepat bisa dilakukan dengan mengonsumsi herbal, obat medis, maupun mengubah kebiasaan.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Herbal

Berikut ini beberapa herbal yang berpotensi menangani penyakit asam lambung yang dilansir dari Healthline.

1. Kamomil
Kamomil adalah herbal yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan antimikroba. Refluks asam sering menyebabkan peradangan yang menyakitkan di kerongkongan. Kamomil bisa membantu penyembuhan peradangan.

Mencampurkan kamomil dengan teh juga bisa meredakan stres. Stres adalah salah satu penyebab asam lambung naik.

2. Licorice
Licorice atau akar manis dipercaya dapat meredakan beberapa penyakit, salah satunya asam lambung. Licorice dapat meningkatkan aktivitas lendir yang dapat menghalangi asam di lambung dan kerongkongan.

3. Marshmallow
Akar marshmallow (Althaea officinalis) memiliki sifat antiinflamasi. Makanan ini sangat lengket dan bisa melapisi kerongkongan sehingga efektif melindungi dari asam lambung. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, maka tidak akan mengiritasi otot polos.

Obat Resep dan Apotek untuk Asam Lambung

Dilansir dari Medical News Today, ada sejumlah obat untuk asam lambung yang bisa diperoleh di apotek, baik tanpa resep maupun dengan resep dokter.

1. H2 Blocker
H2 blocker atau penghambat reseptor H2 biasa digunakan untuk pengobatan masalah lambung, termasuk GERD. H2 blocker bekerja dengan menurunkan jumlah asam klorida dalam perut.

2. Antasida
Antasida dapat mengobati GERD dalam taraf ringan dengan cara menetralkan asam lambung. Obat ini juga menghambat produksi pepsin yang menambah asam klorida di dalam perut untuk sehingga memungkinkan seseorang mencerna makanan.

Kebiasaan yang Bisa Mengobati Asam Lambung

Selain obat herbal dan obat medis, ada kebiasaan yang perlu dilakukan untuk mengobati asam lambung.

1. Hindari Stres
Salah satu penyebab asam lambung naik adalah stres. Maka jauhi kondisi yang memicu stres dan perbanyak kegiatan yang meningkatkan mood.

2. Makan Malam Lebih Awal
Kebiasaan makan malam lebih cepat bisa mencegah asam lambung naik di kemudian hari. Disarankan makan 4 jam sebelum tidur karena badan yang berbaring membuat proses pencernaan menjadi sulit.

3. Makan Sedikit tapi Sering
Untuk mencegah asam lambung tidak naik, kamu bisa menambah frekuensi makan. Polanya ialah dengan mengurangi porsi makanan agar bisa makan lebih sering.

4. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet disebut bisa mengurangi asam lambung naik. Air liur bisa membantu mendorong, menelan dan menjaga asam lambung tetap normal. Tapi lebih baik mengonsumsi permen karet bebas gula

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU