Menu Sarapan yang Wajib Dikonsumsi Biar Tetap Awet Muda

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 15 Juli 2023 -
  • 1:00 am

 

Hallo sahabat blessings

Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat dan terlihat awet muda. Tak jarang yang rela merogoh kocek yang jumlahnya sangat besar untuk melakukan perawatan agar terlihat muda.
Namun, penuaan tidak bisa dihindari. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa banyak vitamin, mineral, dan zat lain dalam makanan yang bisa sedikit membantu memperlambat proses penuaan itu.

“Penuaan adalah proses alami dan tidak perlu malu,” kata ahli diet Colleen Christensen, RD, dikutip dari Eat This

“Namun, ada makanan tertentu yang bisa membantu kita merawat kulit yang kita miliki dengan kemampuan terbaik kita,” sambungnya.

Ada beberapa alasan biologis yang menjelaskan mengapa penampilan kulit dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Tubuh menghasilkan kolagen 1 persen lebih sedikit setiap tahun setelah berusia 20 tahun. Selain itu, kolagen memainkan peran penting dalam menjaga kulit agar tidak kendur.

Pada usia 40-an, kulit tidak memproduksi kolagen lagi, dan karena kehilangan elastisitasnya, kerutan dan garis halus mulai terbentuk lebih cepat. Sementara itu, paparan sinar UV dan radikal bebas di lingkungan dapat menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah lagi.

Untuk mengatasinya, menurut American Academy of Dermatology dengan mengkonsumsi makanan seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar bisa membantu menangkal penuaan dini. Berikut beberapa menu sarapan yang bisa dikonsumsi untuk menangkal penuaan dini:

Smoothie buah
Ahli diet dan nutrisi Shena Jaramillo, MS, RD, mengatakan smoothie buah mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas.

“Smoothies juga merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi yang akan memiliki manfaat untuk meningkatkan kulit,” kata Jaramillo.

“Tambahkan biji rami, alpukat, atau selai kacang ke dalam smoothie untuk tambahan asam lemak omega dan Vitamin E untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan,” sambungnya.

Alpukat
Jaramillo menyarankan alpukat sebagai salah satu menu sarapan. Ia mengatakan buah berwarna hijau ini adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang fenomenal, yang menurut penelitian dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini.

“Asam lemak omega 3 yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu memperbaiki kekeringan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci agar tetap sehat seiring bertambahnya usia,” tutur Christensen.

Telur
Para ahli setuju bahwa telur adalah pilihan sarapan yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Christensen mengatakan telur mengandung protein dan vitamin D.

“Vitamin D dapat melindungi kulit dari kerusakan UVB. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi vitamin D menurun, jadi mengkonsumsinya melalui makanan itu penting,” katanya.

“Protein juga penting dan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah protein terbukti memiliki tampilan kerutan yang lebih menonjol,” lanjut dia.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU