Januari hingga Mei, 88 Warga Cimahi Terjangkit HIV/AIDS

redaksi

redaksi

  • Jumat, 28 Juli 2023 -
  • 1:05 am

 

Hallo sahabat blessings

Sebanyak 88 orang di Kota Cimahi positif HIV/AIDS. Penambahan itu merupakan kasus baru yang dicatat Dinas Kesehatan Kota Cimahi sejak Januari hingga Mei 2023.

Sementara sejak tahun 2005 hingga pertengahan 2023, total ada sebanyak 1.184 kasus. Dari jumlah tersebut, 650 orang di antaranya merupakan warga Kota Cimahi. Kemudian 65 orang di antara pengidap HIV/AIDS itu meninggal dunia sejak tahun 2005 hingga Juni 2022.

Mulyono mengatakan dari 88 kasus HIV/AIDS itu, 41 kasus terjadi pada lingkungan populasi risiko tinggi. Rinciannya 39 kasus gegara Lelaki Seks Lelaki (LSL), 1 kasus dari Wanita Pekerja Seksual (WPS), serta 1 kasus dari transpuan.

“Kemudian 47 kasus berasal dari populasi risiko rendah yakni heteroseksual yang mana 4 di antaranya adalah ibu hamil. Tapi perlu digaris bawahi, kalau semua temuan kasus tahun ini tertular dari transmisi seksual,” kata Mulyono.

Pengidap penyakit menular tersebut harus terdeteksi agar segera dilakukan penanganan. Meskipun pada dasarnya HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan, namun upaya menekan virus agar tidak kian berkembang perlu dilakukan.

“Intervensinya tentu dengan pemberian obat sesuai resep dokter. Kondisi mereka sebetulnya sehat dan tidak ada masalah. Cuma ketika dinyatakan positif (HIV/AIDS), yang berubah itu dari psikisnya,” kata Mulyono.

Sebagai upaya menekan penyebaran kasus HIV/AIDS, pihaknya dengan tegas meminta agar aktivitas seksual setiap orang tidak dilakukan secara bebas lantaran meningkatkan potensi transmisi HIV/AIDS.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU