Supermoon Agustus 2023, Definisi dan Jadwalnya

redaksi

redaksi

  • Selasa, 1 Agustus 2023 -
  • 1:03 am

 

Hallo sahabat blessings

Pada Agustus 2023 akan terjadi dua fenomena supermoon di pembuka dan penutup bulan, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2023 dan 31 Agustus 2023. Lalu apa itu supermoon ?
Dikutip dari detikInet, Supermoon terjadi di perigee: titik di orbit Bulan yang paling dekat dengan Bumi. Bulan purnama perigee tampak sedikit lebih terang dan lebih besar dari rata-rata bulan purnama, sehingga dikenal oleh sebagian orang sebagai supermoon.

Namun, secara umum, para astronom cenderung tidak menggunakan istilah-istilah ini, kemungkinan karena asal-usul astrologi istilah supermoon. Astronom punya nama tersendiri untuk supermoon, yakni Bulan syzygy perigee.

Apa itu supermoon dan kapan terjadinya?

Mengutip Sky at Night, supermoon terjadi ketika Bulan purnama bertepatan dengan jarak terdekat Bulan ke Bumi di sepanjang orbitnya.

Kita mendapatkan 12 atau 13 Bulan purnama setiap tahun, tetapi karena orientasi orbit Bulan, tidak setiap Bulan purnama adalah supermoon. Demikian pula sebaliknya, tidak setiap Bulan purnama adalah gerhana Bulan .

Orbit Bulan mengelilingi Bumi

Bulan membutuhkan lebih dari 27 hari untuk mengorbit Bumi pada jalur elips yang membawanya dari titik terjauh dari Bumi di apogee, ke pendekatan terdekatnya di perigee.

Jarak ini dapat bervariasi antara 406.712 km (apogee) dan 356.445 km (perigee). Ini juga membutuhkan lebih dari 29 hari untuk siklus dari satu Bulan purnama ke berikutnya, yang dapat kalian lihat sendiri jika mencatat fase Bulan malam demi malam.

Sementara itu, orbit Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu 365 hari dan ini berarti dibutuhkan 14 siklus bulan (411 hari) untuk berpindah dari satu Bulan perigee penuh ke Bulan berikutnya.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU