Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Sendiri di Rumah

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 5 Agustus 2023 -
  • 1:11 am

 

Hallo sahabat blessings

Karang gigi adalah zat yang mengeras yang berkembang dari plak gigi yang berkembang dari gula dan kuman makanan yang kita makan.

Di samping mengganggu penampilan, karang gigi yang menumpuk juga bisa menyebabkan pembengkakan dan pendarahan pada garis gusi.

Selain berkunjungan ke dokter gigi, sejatinya ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
Dikutip dari laman Healthline, menghilangkan karang gigi yaitu dengan menghentikan penumpukan plak. Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa kamu coba.

1. Menyikat Gigi dengan Baik
Salah satu cara menghilangkan karang gigi yaitu dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Caranya dengan menyikat gigi dengan metode yang benar.

American Dental Association (ADA) menyarankan untuk menyikat gigi 2 kali sehari (dua menit setiap kali), dengan pasta gigi berfluoride.

Berikut adalah cara menyikat gigi yang efektif:

Sapuan kuas harus pendek dan melingkar
Mulailah menyikat bagian belakang mulut dengan gigi geraham atas
Disarankan untuk menyikat permukaan depan dan belakang gigi atas
Ulangi langkah ini 1-3 kali pada gigi di rahang bawah.

2. Melakukan Flossing
Perlu kamu ketahui bahwa cara membersihkan karang gigi bisa jadi tidak efektif bila hanya dengan menggosok gigi saja.

ADA merekomendasikan untuk melakukan flossing sekali sehari. Flossing adalah praktik kebersihan mulut yang membantu membersihkan bagian gigi yang tidak dapat diakses dengan cepat, agar gigi bebas dari kuman dan bersih.

Flossing bertujuan untuk menghilangkan partikel dan plak makanan yang bersarang. Pasalnya, jika tidak dihilangkan, sisa partikel makanan dan plak akan menyebabkan bau mulut.

3. Menggunakan Obat Kumur
Setelah selesai flossing dan menyikat gigi, kamu bisa bilas mulut dengan obat kumur. Kebanyakan, obat kumur i mengandung fluoride yang menjamin gigi bebas plak.

Menurut ADA, obat kumur yang bisa melawan karang gigi dan plak adalah obat kumur yang mengandung bahan pelawan bakteri seperti cetylpyridinium, chlorhexidine, atau minyak esensial tertentu.

Namun perlu diperhatikan bagi penderita penyakit kuman ringan seperti radang gusi, sebaiknya kamu menghubungi penyedia layanan kesehatan yang mungkin akan meresepkan obat kumur antiseptik.

4. Mengkonsumsi Teh Hijau
Sebuah studi tahun 2016 bertajuk Green Tea (Camellia Sinensis): Chemistry and Oral Health oleh Zohaib Khurshid, dkk, dari King Faisal University, Al-Hafuf, Saudi Arabia, menemukan bahwa minum teh hijau bisa mengurangi jumlah bakteri di mulut, yang menyebabkan timbulnya karang gigi.

5. Menggosokkan Kulit Jeruk
Dilansir laman Access Dental Clinics, kandungan vitamin C dan sifat antimikroba dari kulit jeruk bisa mengatasi karang gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi. Kamu bisa menggosokkan kulit jeruk langsung ke gusi selama dua menit.

6. Menggunakan Ekstrak Lidah Buaya
Lidah buaya memang dikenal dengan banyak manfaat kesehatannya, termasuk menghilangkan karang gigi.

Walaupun memang terasa pahit, namun ekstrak daun lidah buaya segar bisa kamu gosokkan ke gigi. Cara ini bisa mengurangi penumpukan karang gigi dan populasi bakteri di mulut.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU