Indonesia Jadi Negara Pertama di Asia Tenggara yang Operasikan Kereta Cepat

redaksi

redaksi

  • Senin, 7 Agustus 2023 -
  • 1:11 am

 

Hallo sahabat blessings

Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang mengoperasikan kereta cepat. Kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan segera beroperasi.
Indonesia jadi salah satu negara dari sekian banyak negara di Asia yang mengoperasikan kereta cepat. Ada enam negara yang mengoperasikan kereta cepat.
Berikut daftar negara yang mengoperasikan kereta cepat:

1. Jepang

Jepang jadi salah satu negara yang mengoperasikan kereta cepat. Tagun 1964 jadi tahun pertama resmi dioperasikannya kereta cepat bernama Shinkansen itu.

Shinkansen kala itu beroperasi dari Tokyo ke Osaka. Kecepatan maksimal mencapai 320 km per jam. Jarak waktu tempuh 2 jam 25 menit.

2. Korea Selatan

Negara tetangga Jepang jadi negara juga yang mengoperasikan kereta cepat. Negeri ginseng ini mengoperasikan kereta cepat dengan rute Seoul-Busan. Kereta cepat ini dinamakan Korean Train eXpress (KTX).

3. China

China juga memiliki kereta cepat. Bahkan kecepatan kereta cepat di China mencapai 380 km per jam. Saat ini, China memiliki rute jaringan kereta cepat terpanjang di dunia yakni 37.558 km.

4. Turki

Negara ini juga memiliki layanan kereta cepat. Dioperasikan tahun 2009, kereta sudah mengangkut 72 penumpang dengan jalur Ankara-Istanbul.

5. Arab Saudi

Arab Saudi juga punya kereta cepat. Kereta ini melesat dengan kecepatan maksimal 300 km per jam.

6. Indonesia

Kereta cepat di Indonesia sendiri baru akan dioperasikan tahun ini. Kereta dengan jarak Jakarta-Bandung memiliki kecepatan 350 km per jam.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU