Kekuatan Napoleon di Balik Pembangunan Jalan Daendels di Sumedang

redaksi

redaksi

  • Selasa, 8 Agustus 2023 -
  • 1:22 am

 

Hallo sahabat blessings

Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang menjadi salah satu jalan yang cukup ikonik di Indonesia. Hal itu lantaran cerita sejarah yang menyelimutinya.
Jalan Cadas Pangeran menjadi salah satu bagian dari proyek pembangunan jalan di utara Jawa kala Belanda saat itu dikuasai oleh kekaisaran Perancis.

Proyek jalan itu terbentang dari Anyer sampai Panarukan atau berjarak sekitar 1.000 KM. Jalan yang dibangun kala Hindia Belanda saat itu diperintah oleh William Daendels (1762-1818). Jalan itu disebut juga Jalan Raya Pos (Grote Postweg).

Hal itu sebagaimana yang dikutip dalam buku berjudul Jalan Raya Pos, Jalan Daendels (Pramoedya Ananta Toer, 2006). Dalam buku itu diceritakan bahwa Daendels diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda oleh Louis Napoleon Bonaparte yang tidak lain adik dari Kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte pada 1808.

Kekaisaran Perancis kala itu telah berhasil menaklukkan dan menguasai Belanda. Kendati demikian, kekuasaannya itu mendapat rongrongan dari kekuatan hegemoni laut Inggris.

Daendels sendiri diutus ke tanah Jawa tidak lain untuk mempertahankan tanah tersebut dari serangan laut Inggris.

Saat ke pulau Jawa, Daendels menempuh jalur darat melalui Paris – Lisboa – Cadiz di Spanyol Selatan. Kemudian, menyebrang ke Kepulauan Kanari di Samudera Atlantik di Barat Afrika Utara, lalu naik ke Kapal Amerika menuju New York. Dari situ naik kapal Amerika menuju Jawa dengan memakai nama samaran, Van Vlierden (nama istrinya).

Tugas Daendels terpenting kala itu adalah mempertahankan tanah Jawa terutama Batavia sebagai ibukota kerajaan Belanda di Asia. Dan salah satu yang dilakukannya yaitu membangun jalan raya pos yang membentang dari ujung barat Jawa sampai ke ujung timur Jawa.

Saat pembangunan Jalan Raya Pos tiba di Sumedang, Daendels menghadapi kesulitan dimana ia harus menaklukan medan berupa tebing dan jurang.

Pengajar Departemen Sejarah dan Filologi Fakultas Ilmu Budaya Unpad Mumuh Muchsin Zakaria membenarkan bahwa Jalan Cadas Pangeran dibangun saat Belanda dikuasai oleh Perancis.

Mumuh mengatakan, kemenangan Perancis atas Belanda dalam perang Napoleon menyebabkan pengaruh kekuasaan Perancis menjadi semakin lebih besar.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU