Kebakaran Hutan gegara Puntung Rokok di Cianjur

redaksi

redaksi

  • Senin, 4 September 2023 -
  • 1:26 am

 

Hallo sahabat blessings

Hutan dan tebing di dua kecamatan di Kabupaten Cianjur mengalami kebakaran. Kobaran api diduga dipicu warga yang membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah.
Kebakaran tersebut terjadi di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung dan Desa Margaluyu, Kecamatan Tanggeung.

Di Kecamatan Bojongpicung, api membakar sekitar 2 hektar lahan hutan dan perkebunan warga. Kobaran api tersebut pertama kali terlihat sekitar pukul 18.00 Wib.

Api awalnya muncul dari kebun pisang dan singkong milik warga. Tidak lama, api merembet ke hutan bambu dan pepohonan di kawasan hutan Bukti Batu Sapi.

Puluhan warga pun langsung mendatangi pusat kebakaran dan berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Api pun berhasil pasal sekitar pukul 20.00 Wib usai mobil pemadam diterjunkan ke lokasi.

“Puluhan warga langsung menuju tempat kejadian dengan membawa alat seadanya seperti bambu, ranting pohon dan alat lainnya, kobaran api supaya tidak merembet lebih luas. Padamnya sekitar pukul 8 malam setelah satu unit mobil pemadam diturunkan ke lokasi,” ujar Umardin (41) warga setempat.

Kepala Desa Jatisari Asep Prasida, mengatakan tidak ada korban dalam kejadian tersebut, sebab lokasi kebakaran berada 500 meter dari pemukiman warga.

“Korban tidak ada tapi lahan yang terbakar cukup luas sekitar 2 hektare,” kata dia.

Dia menyebut kebakaran diduga disebabkan warga yang membuang puntung rokok sembarangan. “Informasinya diduga karena puntung rokok. Tapi masih dicari tahu penyebab pastinya,” kata dia.

Di sisi lain, kebakaran juga terjadi di kawasan Gunung Sawo Kecamatan Tanggeung. Kobaran api membakar rerumputan dan ilalang di tebing setinggi 200 meter yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Cibinong dan Tanggeung.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU