Hari Literasi Internasional 2023: Sejarah dan Temanya

redaksi

redaksi

  • Rabu, 6 September 2023 -
  • 1:13 am

 

Hallo sahabat blessings

Hari Literasi Internasional atau Hari Aksara Internasional diperingati setiap tanggal 8 September di seluruh dunia. Setiap tahunnya momen ini diperingati dengan tema yang berbeda dan ditentukan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Hari Literasi Internasional adalah sebuah peringatan untuk terus menjaga pentingnya kemampuan membaca huruf bagi setiap masyarakat dalam menjalankan setiap kegiatannya. UNESCO juga memberi peringatan bagi setiap masyarakat untuk terus belajar dengan adanya peringatan yang dilakukan setiap tahun ini.

Dikutip dari UNESCO, Hari Literasi Internasional sudah diperingati setiap tahunnya sejak 1967 untuk mengingatkan pentingnya literasi dan hubungannya untuk meningkatkan martabat dan hak asasi manusia, kemudian juga dalam memenuhi agenda literasi untuk membuat orang-orang melek huruf.

Tema Hari Literasi Internasional 2023
Pada tahun 2023, Hari Literasi Internasional akan diperingati dengan tema “Promoting literacy for a world in transition: Building the foundation for sustainable and peaceful societies” atau “Mempromosikan Literasi Untuk Dunia Dalam Transisi: Membangun Fondasi Untuk Masyarakat yang Berkelanjutan dan Damai.”

Dikutip dari laman UNESCO, tema Hari Literasi Internasional 2023 ini dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu mempercepat proses dalam memenuhi poin ke-4 Sustainable Development Goals (SDG) yang berfokus pada kualitas pendidikan. Poin tersebut dapat diupayakan untuk terpenuhi dengan adanya refleksi kepada masyarakat mengenai peran literasi untuk membangun masyarakat yang lebih adil, inklusif, berkelanjutan, dan damai.

Dalam melakukannya, akan ada hubungan timbal balik antara literasi yang telah diupayakan dengan bidang pembangunan lainnya. Literasi berperan sebagai inti dalam menciptakan masyarakat tersebut, sementara pembangunan yang mengalami kemajuan akan berkontribusi dalam membangkitkan motivasi dan minat masyarakat untuk mendapatkan, menggunakan, dan bahkan mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi secara lebih lanjut.

Peringatan Hari Literasi Internasional akan dirayakan secara internasional di seluruh dunia. Peringatan ini akan diadakan secara tatap muka maupun online pada Jumat (8/9/2023) di Paris, Perancis. Acaranya akan mencakup upacara penghargaan UNESCO International Literacy Prizes untuk mengumumkan berbagai program tahun ini yang meraih kemenangan

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU