7 Cara Alami Enyahkan Lemak di Perut

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 30 September 2023 -
  • 12:57 am

 

Hallo sahabat blessings

Selain menyebabkan kurang percaya diri, tumpukan lemak berlebih pada perut juga bisa berdampak negatif pada kesehatan dan menyebabkan beberapa kondisi kronis. Salah satu jenis lemak perut tertentu (lemak visceral), menjadi faktor penyebab utama diabetes tipe dua, penyakit jantung, dan kondisi lainnya.
Sebagian besar organisasi kesehatan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk mengklasifikan berat badan dan memprediksi risiko penyakit metabolik. Namun BMI hanya dihitung berdasarkan tinggi dan berat badan saja, tanpa memperhitungkan komposisi tubuh atau lemak visceral.

Meski sulit menghilangkan lemak di area perut, ada beberapa hal yang bisa mengurangi lemak perut yang berlebih. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa cara efektif untuk menghilangkan lemak di perut, yang sudah didukung oleh studi ilmiah:

1. Mengkonsumsi banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang bisa membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Salah satu studi menunjukan bahwa, serat ini bisa meningkatkan penurunan berat badan dengan memberikan rasa kenyang sehingga konsumsi makanan tersebut menjadi lebih sedikit.

Sebuah studi observasional yang melibatkan lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap sepuluh gram peningkatan asupan serat laut, dapat menurunkan 3,7 persen lemak perut selama lima tahun. Serat ini bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, legum,

2. Menghindari makanan dengan lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Pada penelitian observasional dan hewan, lemak ini dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut.

Sebuah studi selama enam tahun menemukan bahwa, monyet yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak trans, memperoleh lemak perut 33 persen lebih banyak dibandingkan yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, baca label bahan dengan cermat dan hindari produk dengan kandungan lemak trans, yang sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial.

3. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Asupan menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk memanajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Banyak penelitian observasional menunjukan bahwa, orang yang mengkonsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada orang yang mengkonsumsi makanan berprotein lebih rendah.

Sehingga pastikan untuk memasukan sumber protein yang baik setiap kali makan seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU