Berikut Beberapa Manfaat Daun Insulin untuk Tubuh

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 7 Oktober 2023 -
  • 12:59 am

 

Hallo sahabat blessings

Saat ini ada banyak sekali tanaman herbal yang memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh, salah satunya daun insulin. Daun yang juga dikenal dengan nama yakon ini dipercaya dapat menjaga kesehatan serta mencegah berbagai penyakit.

Mengenal Daun Insulin
Daun insulin adalah tumbuhan perdu yang berasal dari Pegunungan Andes, Peru. Warna daun insulin adalah hijau dengan lebar sekitar 10-20 cm. Daunnya sendiri tumbuh dari pohon insulin yang tumbuh subur di tanah lembab dan mengandung banyak air.

Mengutip e-jurnal milik usm.ac.id, daun insulin mengandung sejumlah senyawa aktif, seperti phenol, chlorogenic, caffeoylquinic, ferulic, fructooligosacaride, hingga flavonoid. Selain itu, tanaman ini juga mengandung fruktosa yang tinggi.

Selain daunnya yang berkhasiat, umbi-umbian dari pohon insulin juga mengandung senyawa prebiotik baik yang dapat membantu menyerap nutrisi bagi tubuh. Maka jangan heran kalau tumbuhan ini dicari banyak orang sebagai obat alternatif.

Manfaat Daun Insulin
Karena mengandung berbagai senyawa aktif, daun insulin punya sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun insulin bagi tubuh.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat daun insulin yang pertama adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Soalnya, daun insulin mengandung fruktosa yang bermanfaat untuk mencegah hiperglikemia atau menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Dalam penelitian tersebut, dijelaskan juga kalau daun insulin punya peran penting sebagai antidiabetes. Sebab, tanaman ini dapat meningkatkan sekresi insulin, menambah sensitivitas reseptor insulin, dan menurunkan produksi gula darah.

2. Mengatasi Peradangan
Selain menurunkan kadar gula darah, mengkonsumsi daun insulin secara rutin juga dapat mengatasi peradangan. Hal ini disebabkan oleh senyawa fenolik yang diyakini dapat mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Lalu, sifat antiinflamasi pada daun insulin juga dipercaya membantu mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga dapat mengobati edema atau penumpukan cairan di dalam jaringan yang diakibatkan peradangan di organ tubuh.

3. Menjaga Fungsi Hati Agar Sehat
Dilansir e-jurnal berjudul Manfaat Daun Insulin (Smallanthus sonchifolius) Sebagai Antidiabetes oleh Prizka Putri Pahlawan dan Dwita Oktaria, daun insulin juga berkhasiat menjaga fungsi hati. Selain itu, senyawa yang ada di dalam daun insulin turut mencegah penumpukan lemak di hati.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU