Hari ini 12 Oktober Diperingati Sebagai Hari Museum Nasional

redaksi

redaksi

  • Kamis, 12 Oktober 2023 -
  • 12:54 am

 

Hallo sahabat blessings

Setiap tahun pada tanggal 12 Oktober terdapat hari nasional yang memperingati Hari Museum Nasional. Tahun ini Hari Museum Nasional jatuh pada Kamis, 12 Oktober 2023. Hari museum nasional diadakan sebagai upaya untuk menghormati institusi-institusi yang berperan penting dalam melestarikan warisan budaya di Indonesia. Sejarah Hari Museum Nasional tidak lepas dari para Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang diadakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Sejarah Hari Museum Nasional
Dilansir dalam laman resmi Kemendikbud mencatat, Hari Museum Nasional bermula pada Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962 yang menghasilkan 10 resolusi bagi permuseuman. Tanggal ini ditentukan berdasarkan rapat Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang diselenggarakan di kota Malang, Jawa Timur, pada 26-28 Mei 2015. Pada pertemuan tersebut menghasilkan 250 pengelola museum di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut tidak hanya memperingati hari museum, namun juga membahas isu-isu serta paradigma baru dalam dunia museum demi kemajuan museum.

Tokoh Permuseuman di Indonesia
Hari Museum Nasional tentunya tak luput dari perjuangan para tokoh permuseuman yang telah memperkenalkan dan melestarikan budaya di Indonesia. Berikut para tokoh permuseuman di Indonesia.

Soedarmadji Jean Henry Damais
Soedarmadji Jean Henry Damais merupakan tokoh penting dalam bidang pelestarian seni, budaya dan permuseuman di Indonesia. Dikutip dalam publikasi repository Kemendikbud menjelaskan dari Majalah Museografia tentang permuseuman mencatat, Soedarmadji atau akrab dikenal Mas Adji berperan besar dalam mengubah gedung-gedung tua di Jakarta menjadi museum, sebagai bentuk pelestarian arsitektur bersejarah yang masih sangat kurang diperhatikan ketika saat itu. Mas Adji pun penggagas revitalisasi kawasan kota Tua Jakarta dan Pelabuhan “Kolonial” Sunda Kelapa yang sangat penting dalam sejarah kota Jakarta dan Asia Tenggara.

Mohammad Amir Sutaarga
Mohammad Amir Sutaarga lahir pada 5 Maret 1928 di Kuningan, Jawa Barat. Amir tak bisa dipisahkan dari Museum Nasional. Dilansir dalam laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjelaskan, pada usia 22 tahun, Amir mulai bekerja di lembaga Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BGKW). Berkat kegigihannya dalam lembaga BGKW, Amir dipercaya menjadi sekretaris BGKW. Kemudian saat Kepala BGKW mengundurkan diri, Amir kembali ditunjuk menjadi pengganti. Tugas itu dipikul oleh Amir dalam mempertahankan dan mengurus museum BGKW secara mandiri tanpa didukung dana dan didampingi oleh ahli dari Belanda.

Untuk selengkapnya kunjungi artikel aslinya Disini ya.

BERITA TERBARU