Kebiasaan Sepele yang Tak Disadari Berbahaya bagi Jantung

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 14 Oktober 2023 -
  • 12:50 am

 

Hello sahabat blessings

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Di Indonesia, penyakit jantung masuk dalam jajaran teratas penyakit dengan tingkat mortalitas dan morbiditas tertinggi.

Ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit jantung. Salah satunya adalah kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Bahkan, beberapa sudah menjadi kebiasaan sehari-hari yang sulit ditinggalkan bagi sebagian orang.

Kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mager
Kebiasaan mager, atau yang dikenal juga dengan sedentary lifestyle, lahir salah satunya karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, sekaligus Guru Besar Aritmia Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Yoga Yuniadi, SpJP(K), menjelaskan kebiasaan mager merupakan salah satu faktor yang bisa memicu gangguan jantung seperti fibrilasi atrium.

2. Pola Makan
Pola makan yang tak sehat juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung. Dikutip dari WebMD, makanan yang tinggi gula, garam, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

Makanan tersebut juga dapat memicu obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol yang juga menjadi faktor risiko penyakit jantung.

3. Merokok
Merokok adalah kebiasaan yang digandrungi banyak masyarakat Indonesia. Jumlah perokok aktif di Tanah Air bahkan menjadi yang ketiga terbanyak di dunia. Padahal, rokok bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari paru-paru hingga ke jantung.

Dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine, merokok bisa memicu tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, merokok juga bisa mengurangi kadar oksigen dalam darah sehingga memaksa jantung untuk memompa lebih kuat. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU