Alasan Rumah di Arab Berbentuk Kotak dan Tanpa Genting

redaksi

redaksi

  • Senin, 30 Oktober 2023 -
  • 1:06 am

 

Hallo sahabat blessings

Rumah di Arab memiliki keunikan. Bentuknya kotak, datar, dan tanpa genting. Namun, bentuk yang unik tanpa genting itu memiliki alasannya tersendiri.

Alasan rumah di Arab tidak pakai genting adalah untuk menyesuaikan kondisi iklim, sekaligus mencerminkan usaha manusia dalam bertahan hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Dilansir dari laman Benton Roofing, hingga sekitar 120 tahun yang lalu, rumah dengan atap datar alias tanpa genting banyak ditemukan di daerah dengan iklim kering yang curah hujannya lebih sedikit.

Itulah mengapa rumah tanpa genting alias atap datar sering ditemukan pada arsitektur Arab kuno dan Mesir.

Menyesuaikan Iklim
Wilayah Arab berada di kawasan kering dan panas karena dikelilingi oleh gurun dan padang pasir. Bentuk rumah kotak tanpa genting punya kekuatan untuk menghadapi iklim di negeri Arab tersebut.

Suhu Stabil
Bentuk atap datar tanpa genting juga membantu menjaga suhu dalam rumah agar tetap stabil. Pasalnya, atap datar tidak membuat panas matahari terperangkap di bawah genting.

Sehingga, hal ini bisa membantu mengurangi pemanasan yang berlebih dalam rumah.

Penghalang Kokoh
Aslinya, rumah atap datar seringnya terbuat dari jerami, seperti dedaunan, jerami, dan ranting. Bahan-bahan itu kemudian dikumpulkan, lalu dipadatkan dalam tanah liat untuk mengisi ruang-ruang kosong. Tujuannya sebagai penghalang kokon atas bangunan.

Atap yang datar cenderung memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi daripada rumah dengan genting miring. Sekitar pada abad ke-19, atap datar menjadi populer dan meluas hingga ke Amerika dan Eropa.

Walaupun rumah tanpa genting belum umum digunakan pada awal sejarahnya, kemunculan bahan tahan air, beton, serta baja struktural membuat atap datar menjadi sangat praktis.

Atap datar bahannya dapat bertahan bertahun-tahun. Namun, pada akhir tahun 1950-an dan 1960-an, bahan mineral felt, lembaran atap berbahan bitumen menjadi populer karena ringan dan terjangkau.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU