Berikut Beberapa Makanan untuk Membersihkan Darah Kotor, Bantu Cegah Berbagai Penyakit

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 28 Oktober 2023 -
  • 1:00 am

 

Hallo sahabat blessings

Darah dalam tubuh bertanggung jawab dalam berbagai hal, mulai dari mengangkut oksigen ke seluruh organ hingga bantu mengatur suhu tubuh. Dengan peran yang sedemikian penting, tak mengherankan kalau sebagian orang mencari cara agar darah mereka tetap terjaga sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan pembersih darah.
Namun faktanya, beberapa organ tubuh sudah ada yang bertugas untuk membersihkan darah hampir sepanjang waktu. Dilansir situs Medical News Today, organ yang berperan dalam detoks darah, yaitu hati, ginjal, dan paru-paru.

Mereka memainkan peran signifikan dalam proses detoksifikasi darah, seperti menyaring dan mengubah racun dari darah, hingga membuang limbah darah dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain beberapa organ tersebut, organ lain turut terlibat dalam pembersihan darah, seperti kulit, usus, limpa, dan sistem limfatik.

Kinerja organ-organ tersebut sangat efektif dan alami ketika dalam keadaan sehat. Demikian, beberapa herbal dan makanan pembersih darah yang dikonsumsi sebenarnya berperan dalam membantu organ detoks untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik.

Lantas, apa saja makanan pembersih darah yang dapat dikonsumsi? Cek uraian berikut ini.

Makanan Pembersih Darah
Ada beberapa makanan yang bisa dimakan untuk bantu kemampuan organ detoks dalam membersihkan darah. Dikutip dari laman Healthline, berikut di antaranya:

1. Ikan
Ikan jenis tertentu, seperti salmon, tuna, dan sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Omega-3 terbukti mampu turunkan kadar trigliserida darah dan menurunkan tekanan darah, di mana keduanya bisa bantu kinerja hati dan ginjal menjadi lebih baik.

Namun ingat, ikan adalah sumber protein tinggi. Sehingga kalau punya penyakit ginjal, kamu perlu membatasi jumlah asupan makanan berprotein tinggi. Ini karena dapat mempengaruhi organ ginjal untuk bekerja lebih keras.

2. Brokoli
Sayuran silangan seperti brokoli kerap direkomendasikan untuk pengidap penyakit ginjal. Lantaran sayur ini mengandung gizi dan antioksidan yang tinggi, serta sudah terbukti bisa kurangi risiko sejumlah jenis kanker.

Selain brokoli, sayur silangan lain yang dapat dikonsumsi seperti kubis, kembang kol, kubis Brussel. Kamu bisa memakannya mentah, direbus, atau memasukkan dalam hidangan sup.

3. Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi serta bisa bantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Karena itu, konsumsi bawang putih bagus untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran dengan daun hijau, seperti selada, bayam, sawi, atau kangkung mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit. Sayuran hijau ini juga bisa meningkatkan enzim dalam hati yang mampu bantu meningkatkan proses detoksifikasi darah.

5. Buah Bit
Buah bit disebut sebagai sumber alami senyawa nitrat dan betalain yang bisa bantu kurangi peradangan kerusakan oksidatif pada organ hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan produksi enzim yang secara alami mendetoksifikasi tubuh.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU