Berikut Beberapa Minuman Penurun Kolesterol Tinggi Termasuk Teh

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 11 November 2023 -
  • 1:27 am

 

Hallo sahabat blessings

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.
Secara umum, kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik adalah kolesterol yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Sebaliknya, kolesterol jahat adalah jenis kolesterol yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Untuk menghindari hal ini, kadar kolesterol bisa diturunkan melalui aktivitas fisik dan diet seimbang, termasuk mengonsumsi minuman yang secara alami menurunkan kolesterol.

Lantas, apa saja minuman penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Minuman Penurun Kolesterol

1. Teh Hijau
Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Namun, tidak semua teh hijau dapat memberikan efek menurunkan kolesterol yang sama. Teh hijau terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah yang paling natural dan tidak melalui banyak pemrosesan.

2. Jus Markisa
Kandungan serat dalam buah markisa dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah. Tak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat, minuman ini juga dapat membantu mencegah pengendapan arteri yang dapat memicu penyakit jantung.

Selain itu, buah markisa juga mengandung potasium yang dapat membantu melemaskan pembuluh darah, melancarkan aliran darah, serta mengatur tekanan darah.

3. Susu Kedelai
Kedelai adalah salah satu produk makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi karena alasan medis tertentu, maka susu kedelai bisa menjadi alternatif yang tepat.

4. Minuman Oat
Minuman penurun kolesterol lain yang bisa dicoba adalah minuman dari oat atau gandum. Dikutip dari Medical News Today, minuman oat mengandung beta-glukan yang bisa menciptakan zat seperti gel dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut tersebutlah yang dapat menghambat penyerapan kolesterol sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Jus Tomat
Tomat kaya akan likopen, zat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat likopen ini pula yang memberikan warna merah pada tomat.

6. Smoothie Buah Beri
Buah beri-berian mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Kedua senyawa tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah beri juga rendah lemak dan kalori, sehingga cocok untuk dijadikan bagian dari konsumsi harian. Adapun jenis buah beri yang bisa dijadikan smoothies untuk menurunkan kolesterol antara lain stroberi, blueberi, blackberi, dan raspberi.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU