Tips Membuang Minyak Goreng Bekas yang Aman

redaksi

redaksi

  • Senin, 13 November 2023 -
  • 1:13 am

 

Hallo sahabat blessings

Minyak goreng bekas merupakan limbah rumah tangga yang umum dijumpai. Namun perlu diingat, jika membuang minyak goreng bekas dengan cara yang tidak benar dapat mencemari lingkungan dan mengancam kesehatan manusia serta hewan.

Terdapat beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang dalam membuang minyak goreng bekas. Berikut tips membuang minyak goreng bekas yang aman.

Mengutip The Spruce Eats menjelaskan tentang beberapa tips dan cara membuang minyak goreng bekas. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Kembali
Penggunaan minyak goreng sebenarnya dapat digunakan secara berulang, jika minyak goreng tersebut hanya digunakan untuk menggoreng dan tidak berubah warna. Namun jika warna minyak goreng sudah berubah, dapat dilakukan dengan cara menyaring minyak menggunakan penyaring kopi atau beberapa lapis kain katun tipis untuk menghilangkan kotoran dari minyak goreng. Selanjutnya tuangkan minyak goreng ke dalam wadah kedap udara.

2. Menyimpan Minyak Goreng Bekas
Minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali, biasanya akan berubah warna menjadi lebih gelap. Jika hal ini terjadi, simpan minyak goreng yang telah digunakan dan dinginkan terlebih dahulu. Kemudian, siapkan wadah dan masukkan minyak yang sudah ditiriskan. Setelahnya, tutup rapat wadah tersebut agar tidak mengalami kebocoran. Meskipun sudah ditutup secara rapat, jangan buang minyak goreng bekas secara sembarangan.

3. Membekukan Minyak Goreng Bekas
Cara ini dapat dilakukan jika tidak memiliki wadah untuk membuang minyak goreng bekas. Caranya cukup mudah dengan menuangkan minyak goreng ke dalam cangkir yang kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin hingga minyak membeku. Setelah membeku, gumpalan minyak tersebut dapat dibuang ke tempat sampah atau dibungkus menggunakan wadah tak terpakai.

4. Membungkus dengan Plastik
Cara ini dapat dilakukan jika detikers memiliki minyak goreng bekas dalam jumlah sedikit. Meskipun jumlahnya sedikit, minyak goreng bekas tetap tidak boleh dibuang secara langsung. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan minyak goreng bekas ke dalam kantong plastik. Sebelum dimasukkan ke dalam plastik, pastikan minyak goreng bekas dalam keadaan dingin terlebih dahulu, kemudian tutup kantong plastik dengan rapat.

5. Mencampurkan dengan Bahan Lain
Sebelum membuang minyak goreng bekas, cara ini dapat mencampurkan minyak goreng dengan bahan yang mudah menyerap seperti kotoran kucing, pasir, atau serbuk gergaji.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU