Manfaat Jus Buah Yang Dapat Turunkan Kolestrol

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 23 Desember 2023 -
  • 2:40 am

Hallo sahabat blessings

Penderita kolesterol dan asam urat wajib menerapkan pola hidup yang sehat jika tak ingin penyakitnya kambuh. Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat yakni pola makan.
Kolesterol tinggi dan asam urat merupakan dua penyakit yang kerap dialami banyak orang. Kedua penyakit itu dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, seperti buah dan sayuran. Mengolahnya menjadi jus merupakan salah satu cara nikmat mengonsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan kolesterol dan asam urat.

Asam Urat Bikin Peradangan Sendi
Sementara, asam urat adalah kondisi ketika asam urat dalam tubuh terlalu tinggi sehingga memicu terjadinya peradangan sendi yang disebut juga dengan gout.
Ada beberapa jus yang Anda bisa konsumsi agar asam urat dan kolesterol tidak sering kambuh. Apa saja itu? simak ulasannya ya sampai akhir!

1. Jus Nanas
Buah nanas memiliki banyak manfaat bagi pengidap kolesterol. Pertama, buah tersebut kaya akan antioksidan dan zat penurun lemak lain yang bisa mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.Kedua, nanas mengandung senyawa bernama bromelain yang dapat menghancurkan kolesterol yang menumpuk di pembuluh arteri. Karenanya, rutin mengonsumsi jus nanas dapat mencegah risiko penyakit jantung pada pengidap kolesterol. Nanas juga tinggi vitamin C. Sebagaimana diketahui, vitamin C memiliki peranan yang sangat penting dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah terjadinya serangan asam urat.

2. Jus Timun
Timun merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami. Ini karena timun mengandung zat sterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.
Selain itu, kandungan potasium dan fosforus yang ada dalam jus timun dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah. Kedua zat tersebut juga dapat mendetoks dan meningkatkan fungsi organ hati dan ginjal untuk membersihkan racun dari dalam tubuh.

3. Jus Cherry
Buah cherry kaya akan zat antioksidan dan antiperadangan. Menurut sejumlah penelitian, kedua zat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.
Sebab, zat antoksidan dan antiperadangan dapat mengenyahkan radikal bebas dalam tubuh, yang mana menjadi salah satu pemicu timbulnya kolesterol LDL.
Jus cherry juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan mengonsumsi setidaknya 10 buah cherry dalam sehari bisa mengurangi risiko asam urat hingga 35 persen.

4. Jus Lemon
Jus penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah lemon. Dikutip dari Healthline, lemon memiliki kandungan hesperidin dan diosmin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, sebuah studi juga mengungkapkan mengonsumsi 24 gram ekstrak lemon atau buah sitrus lainnya setiap hari dalam sebulan dapat mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah. Jus lemon juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 menemukan orang yang mengonsumsi jus lemon selama 6 minggu mengalami penurunan kadar asam urat yang cukup signifikan.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU