Beberapa Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Bikin Glowing

redaksi

redaksi

  • Sabtu, 27 Mei 2023 -
  • 1:00 am

 

Hallo sahabat blessings

Rasanya tidak afdol jika kita makan ayam atau lele penyet tanpa daun kemangi. Kerap dijadikan sebagai sayur lalapan dan disandingkan dengan persambelan, siapa sangka ternyata daun satu ini punya berbagai manfaat yang dahsyat loh.
Daun kemangi atau akrab dikenal basil ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kekebalan tubuh hingga kesehatan kulit menjadi manfaat tersembunyi dari daun ini.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut apa saja manfaat daun kemangi serta kandungan di dalamnya.

Berikut Manfaat Pada Daun Kemangi :

Mencegah Kanker
Studi yang dilakukan oleh Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa kemangi mengandung fitokimia. Senyawa ini dapat membantu mencegah kanker secara alami termasuk kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru akibat paparan bahan kimia berbahaya.

Fitokimia dalam kemangi juga diyakini mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen secara positif, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya), hingga menghentikan penyebaran sel tumor dan kanker.

Mencegah Stress/Depresi
Kemangi mengandung adaptogen yang dipercaya sebagai zat anti stres. Penelitian menunjukkan, zat ini membantu mengatasi kecemasan, depresi, dan sekaligus menstimulasi neurotransmitter yang mengontrol energi dan hormon pemicu kebahagiaan.

Membantu Merawat Kulit
Kandungan camphene dalam minyak kemangi dipercaya dapat membersihkan dan menjaga kulit. Hal ini bertindak sebagai toner sehingga membantu menghilangkan kelebihan minyak, sel-sel mati, dan kotoran yang menghalangi folikel sehingga kamu bisa tampil glowing.

Mengandung Antioksidan untuk Melawan Penyakit
Daun kemangi mengandung antioksidan flavonoid, seperti orientin dan viceninare. Berbagai macam senyawa ini membantu melawan radikal bebas sekaligus melindungi struktur DNA dan sel darah.

Berbagai penelitian menyebutkan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sel tubuh. Jika hal ini terjadi, risiko terkena berbagai komplikasi kesehatan,seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi menjadi lebih tinggi.

Mengatasi Stress Oksidatif
Stres oksidatif terjadi di dalam tubuh karena efek racun dalam makanan, polusi lingkungan dan radiasi. Jangan khawatir, kandungan antioksidan dalam kemangi dapat membantu melawan oksidasi dan memperlambat efek penuaan.

Mencegah Diabetes
Selain itu, ternyata kemangi juga dipercaya mampu mengurangi kadar glukosa darah yang bersirkulasi dan peradangan. Hal ini membantu untuk mencegah gula darah dalam tubuh untuk tetap dalam kadar yang normal.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU