Tips Cara Tepat Menyimpan Tomat, Kamu Wajib Tahu!

redaksi

redaksi

  • Rabu, 21 Juni 2023 -
  • 12:28 am

 

Hallo sahabat blessings

Sahabat blessings, selama ini bagaimana cara kamu menyimpan tomat? Bagaimana hasilnya, mudah busuk nggak?
Jika ternyata cara yang kamu lakukan tak efektif, sebaiknya kamu simak ulasan berikut ini.

Dikutip dari detikFood, banyak masakan Indonesia yang ditambahkan tomat agar rasanya semakin sedap. Tak hanya sebagai bumbu, tapi juga pelengkap hidangan, seperti isian soto atau sop ayam dan sambal serta saus.

Tomat paling sering dipakai untuk meracik sambal. Tak heran kalau orang Indonesia banyak menyetok tomat di rumah. Terutama tomat yang masak atau tomat merah.

Agar tomat yang disimpan tak mudah busuk, sebaiknya disimpan dalam kulkas atau di ruangan?

Dilansir dari Yahoo Life beberapa waktu lalu, ternyata tak ada jawaban pasti, karena tergantung dengan preferensi orang yang menyimpannya. Namun, bisa dilihat dari beberapa faktor.

Dominique Kline selaku manajer dari The Hope Farm menjelaskan, faktor kematangan tomat bisa menyesuaikan cara menyimpannya. Jika tomat itu sudah berada pada tingkat kematangan puncak, maka bisa didinginkan dalam kulkas selama 3 hari. Gunanya untuk menghentikan proses pematangan.

Tetapi Kline menyatakan sebelum dikonsumsi harus didiamkan dalam suhu kamar (ruangan) terlebih dahulu.

Sedangkan, jika tomat belum matang harus disimpan pada suhu kamar. Idealya 20-22 derajat Celcius atau harus jauh dari sinar matahari langsung. Karena, dapat mempercepat proses pembusukan.

Kline juga menjelaskan kalau setiap jenis tomat memiliki cara menyimpan yang berbeda. Misalnya, untuk tomat ceri bisa disimpan dalam kulkas dan tak memengaruhi rasanya.

Berbeda dengan tomat gondol atau tomat merah biasa sebaiknya disimpan pada suhu kamar. Jenis tomat ini merupakan memang tahan lama disimpan dalam suhu ruangan seperti di supermarket.

Kline menyarankan untuk menyimpan tomat pada suhu ruang saja. Karena, tomat mengandung lebih dari 400 senyawa votalil yang dapat memengaruhi aroma, rasa, dan tekstur.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel aslinya Disini ya

BERITA TERBARU